Review Toko Bahan Kue Anna Pamulang Tangerang Selatan

Hai blogger, Bagi kamu yang punya hobby baking  nih penting rasanya tahu tentang keberadaan Toko Bahan Kue (TBK) di sekitar rumah. Selain lebih lengkap, bahannya lebih fresh, harganya juga lebih murah lho daripada supermarket! Kunjungan ke TBK ini banyak manfaatnya baik untuk belanja bahan/alat/kursus menambah ilmu. Kali ini belchunk mau sharing kalo di daerah pamulang Tangerang Selatan ada beberapa TBK, salah satunya TBK ANNA yang berlokasi di dekat Griya Jakarta Pamulang. Toko ini sudah berdiri lebih dari 10 tahun. Asal muasal nama toko ini dari nama pemilik tokonya sendiri cici Anna (info langsung dari pelayan toko). Toko ini menyediakan aneka mentega, butter, keju, tepung, coklat, loyang, pewarna makanan, cetakan, packaging dan termasuk masakan kue udah ready disantap juga turut dijualnya. Saya termasuk penggemar belanja di TBK ANNA sejak tahun 2015 ini, karena lokasi gak jauh dari rumah tinggal gowes sepeda 1,2 kilometer lalu disambut pelayan ramah, toko bersih, ruangan berAC berKipasAngin dan cukup lengkap untuk bisa menemukan bahan dasar kue. Satu hal yang disayangkan di TBK ANNA ini adalah restock barang toko ini lama dimana belchunk pribadi sering kehabisan untuk beli tepung.





Minggu, 30 Agustus 2015
Posted by Bellalita Itu Aku

Rekomendasi Kuliner Tangerang Selatan : Ayam Tepung Kentucky Portal Pamulang

Ayam goreng tepung kriuk-kriuk ala kentucky kini jadi favorit semua orang. Sudah banyak penjual ayam tepung ini di pinggir jalan raya dengan aneka merk-merk ayam goreng tepung lokal bermunculan. Buat menggoreng ayam goreng tepung ini pada dasarnya harus menggunakan banyak minyak goreng, sehingga ayamnya terendam dan bisa matang sempurna sampai bagian dalamnya.

 

Salah satu kaki lima favorit belchunk adalah Ayam tepung kentucky portal pamulang. Lokasinya ada di dekat Rumah Sakit Umum Daerah Tangerang Selatan (RSUD Tangsel). Harga ayam tepung yang ditawarkan adalah Rp5000/potong (update: agustus 2015). Penjual ayam tepung portal ini merupakan sepasang suami-istri yang sudah lama membuka lapaknya lebih dari 10 tahun dan tidak memiliki cabang. Rasa ayam tepung yang ditawarkan jajanan gerobakan ini terbilang enak, lezat dan beda rasanya dari yang lain (unik dengan tingkat renyah tinggi), sehingga selalu rame dikunjungi. Ayam tepung yang dijual 100% baru dimasak ditempat  (tidak ada yang namanya ayam kemaren diangetin lagi). Ayam tepung portal ini mulai beroperasional jam 4 sore sampai dagangannya abis (biasanya sekitar jam 7 malam sudah habis terjual). Berikut ditampilkan gambaran lapaknya gerobak ayam tepung kentucky portal:

 

Inilah Rekomendasi Ayam Tepung ala Belchunk yang layak kamu coba blogger kalo lagi melancong ke Tangerang Selatan! Dijamin ayam ini bikin ketagihan deh!

Posted by Bellalita Itu Aku

Kenali Aneka Coklat Bahan Kue

Kamu tahu Coklat? Waaahhh...mendengar namanya saja sudah terbayang  nikmat. Coklat adalah adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Coklat ini memiliki beragam variasi mulai dari bentuk padat maupun cair. Nah.... biar gak salah pilih coklat untuk membuat aneka cake, kue kering, dan roti.  Kali ini belchunk akan mengenalkan beberapa jenis coklat yang beberapa diantaranya mungkin sering kita temui dalam keseharian kita. Yuk disimak blogger!




[1] Coklat kacang batang
Cokelat ini memiliki rasa yang manis di lidah dan dapat dikonsumsi langsung loh. Jenis ini biasanya dimanfaatkan dengan cara dilelehkan agar bisa dicampurkan adonan kue. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat kacang batang ini adalah silver quee atau cadburry.


[2] Coklat butir
Coklat ini berbentuk butiran kecil yang memiliki rasa manis. Biasanya dikonsumsi bersama roti tawar. Tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai taburan permukaan kue. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat butiran  ini adalah meises ceres atau coklat bella.


[3] Coklat DCC
Salah satu jenis dari coklat blok yaitu Dark Cooking Chocolate (DCC). Rasa coklat ini cenderung rada pahit. Coklat ini bisanya dimanfaatkan sebagai taburan permukaan kue dimana coklatnya sudah diparut sebelumnya atau bisa juga dilelehkan lalu dicetak kembali dengan bentuk unik (misal bentuk pagar sehingga kue akan tampil cantik disekelilingnya). Kadang coklat ini juga merupakan bahan dasar pembuatan brownies yang kadar kepekatan coklatnya tinggi sehingga cita rasanya juga lezat. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat DCC ini adalah Collata, Tulip atau Mercolade.

[4] Coklat bulat
Coklat ini berbentuk seperti kelereng yang memiliki rasa manis. Coklat ini biasanya dimanfaatkan sebagai taburan permukaan kue karena memiliki warna-warna cerah yang mempercantik tampilan kue yang disajikan.


[5] Coklat topping
Coklat ini berbentuk cairan yang memiliki rasa manis. Umumnya jenis ini dimanfaatkan sebagai bahan tambahan makanan dimana coklat ini disiram diatas suatu masakan/makanan/minuman.

[6] Coklat bubuk
Jenis coklat yang memiliki aroma yang kuat. Umumnya digunakan untuk diminum bersama susu serta ditambahkan gula. Banyak juga yang menggunakan coklat bubuk jenis ini sebagai bahan campuran untuk membuat kue. Coklat ini bisa menjadi bahan dasar pembuatan brownies, pengganti coklat DCC. Namun kalau dari rasa, tetap saja coklat DCC lebih unggul daripada bubuk menurut saya pribadi.  Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat bubuk ini adalah Coklat bensdrop, coklat ovaltine, coklat delfi atau coklat van houten.

[7a] Cokelat Susu Kental
Salah satu jenis susu terbuat dari susu sapi perah yang bergizi ditambah gula murni yang memiliki rasa coklat. Umumnya digunakan untuk diminum dengan cara diseduh, dioles pada roti atau bisa juga sebagai bahan dasar membuat fla puding.  Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat susu kental ini adalah Frisian flag atau Indomilk.

[7b] Coklat stik
Jenis coklat yang memiliki keistimewaan tidak mudah leleh pada saat dipanngung atau nama bekennya ‘bake stable’. Coklat ini biasanya dimanfaatkan untuk isian roti atau kue, karena tidak mencair meleber. Rasa coklat ini manis pahit. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat stik ini adalah Mercolade.
[8] Coklat oles
Jenis coklat yang berbentuk tidak cair dan tidak begitu keras padat. Umumnya dikonsumsi bersama roti tawar atau bisa juga dimanfaatkan sebagai olesan permukaan kue secara rata. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat oles ini adalah nutella, ovomaltine ataupun ceres oles.

  

[9] Coklat chocochips
Jenis coklat yang berbentuk setengah bulatan yang cukup manis. Umumnya dikonsumsi bersama minuman dingin atau bisa juga buat taburan permukaan kue secara rata.

[10] Coklat Butir Kriuk
Coklat ini berbentuk butiran kecil seperti mutiara dan memiliki kerenyahan kriuk. Jenis coklat ini biasa dimanfaatkan taburan permukaan kue secara rata.

Setelah ada penjelasan diatas, bagaimana? Sudah tau jenis coklat apa yang cocok untuk masakan dapurmu? Kalau belum, silahkan cari ke Toko Bahan Kue (TBK) terdekat dari rumahmu. Selamat memasak ya para blogger!
Rabu, 26 Agustus 2015
Posted by Bellalita Itu Aku

Kenali Bumbu Dapur

Selamat sore Blogger,
Bumbu memiliki peranan penting untuk tersedia di dapur. Makanan yang tadinya berbahan mentah menjadi hidangan matang yang bercita rasa tinggi dengan campuran bumbu tsb. Tanpa racikan bumbu yang tepat, tentu sebuah masakan tidak akan terasa nikmat. Maka dari itu, Yuk mulai  kenali apa saja jenis bumbu yang ada di dapurmu!

Pada dasarnya jenis bumbu dapur ini beraneka ragam, tapi sesi cerita kali ini belchunk akan menjelaskan dua jenis bernama ‘bumbu daun kering’ dan ‘bumbu bubuk bawang’ dulu ya! Silahkan disimak mentemen !


Gambar 1: Bumbu kering daun


[1] Daun Oregano
Saat ini daun oregano kering mudah kita dapatkan di market yang sudah dalam toples ekonomis baik itu produk lokal Indonesia ataupun produk import. Oregano ini memiliki keunikan tersendiri yaitu berbau harum, rasa sedikit pahit, dan  memberikan efek hangat. Oregano terkenal sebagai pelengkap bumbu masakan khas benua Eropa khususnya menu saos pasta.

[2] Daun Thyme
Thyme merupakan salah satu jenis rempah daun asal Mesir yang sangat terkenal. Thyme sebenarnya tergolong dari keluarga mint. Hidangan yang populer memakai thyme adalah ayam panggang yang diperasi buah lemon dan irisan bawang putih. Thyme ini juga banyak dipakai sebagai obat herbal sebagai pelengkap minuman teh.

[3] Daun Basil
Biasanya daun basil ini digunakan untuk penambah rasa saos pasta yang dikombinasikan dengan daun oregano. Kalau tengok beberapa resep eropa, komposisi jumlah penggunaan daun basil ini lebih sedikit dibandingkan daun oregano. Semua dikarenakan cita rasa oregano ternyata lebih unik, lezat dan nikmat daripada basil.

Nah selanjutnya, Belchunk akan menjelaskan tentang bumbu bubuk bawang nih. Yuk disimak blogger!

Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa selalu dimanfaatkan dalam setiap masakan, bahkan hampir semua penduduk Bumi ini menggunakan Bawang. Berikut penjelasan tentang bumbu bubuk bawang, yaitu:
 Gambar 2: Bumbu Bubuk Bawang

[1] Garlic powder import
Walaupun merk mccormick ini harganya lebih mahal dari yang lokal namun hasilnya sangat memuaskan. Aroma dari bumbu bubuk ini semerbak dan cita rasa yang dihasilkan juga oke. Kalau dilihat dari sisi warna peach, seolah bawang ini mengalami proses ‘roasted’ oleh produsennya.

[2] Garlic powder lokal
Aroma bubuk ini kurang begitu harum seperti merk import. Namun rasa yang dihasilkan bolehlah. Bubuk bawang putih ini umumnya sebagai bumbu penyedap masakan (pengganti MSG).

[3] Onion powder lokal
Onion ini lebih unggul daripada garlic merujuk pada informasi internet terpecaya dimana onion mengandung nutrisi 73mg sodium, 342 calories dan 79g karbohidrat. Bubuk onion ini umumnya juga digunakan sebagai bumbu penyedap masakan (pengganti MSG). Warna bubuk ini mirip seperti Garlic powder import, tapi tekturnya berbeda lebih kasar berbutir krikil gitu.

Setelah ada penjelasan bumbu dapur diatas, ada hal yang perlu diingat bahwasannya tiap bahan makanan memiliki karakteristik yang berbeda. Ini turut memengaruhi cara penyimpanannya agar kualitasnya tetap terjaga dan tidak menghilangkan rasa serta aromatik. Aneka ragam bumbu ini benar-benar perlu diperhatikan medium penyimpanannya  dengan wadah kedap udara, tertutup rapat dan kering. Oke, selamat memasak blogger!
Kamis, 20 Agustus 2015
Posted by Bellalita Itu Aku

Kenali Aneka Loyang

Selamat malam blogger,
Akhir-akhir ini entah kenapa ya belchunk lagi senang main di dapur nih! Mulai dari bersihin perabotan dapur, belanja beli bahan bumbu dapur sampai mulai nekad masak di dapur. Modalnya sih cuman dua yaitu niat dan nekad. Hehe. Kalau dipikir-pikir sudah waktunya kali ya usia 20an ini mulai kenali dapur sendiri di rumah. Kalo boleh cerita sedikit tentang pengalaman sendiri nih, awalnya belchunk juga merasa asing alias gak tau menahu tetang isi dapur seperti apa dan mesti diapakan. Biasanya terima jadi aja masakan beli direstoran atau dimasakin mama atau PRT. 

Oke mari kita jelajahi dunia dapur yuk! Kalau belchunk sih mulai bongkar lemari dapur dengan cek punya peralatan masak apa aja dan kegunaannya bagaimana? Kebetulan mama punya banyak alat dapur, tapi herannya ada satu sisi dapur yg gak pernah tersentuh lagi sejak bertahun-tahun lalu yaitu lemari isi loyang. Yap, mama dulu tuh saat belchunk masih duduk dibangku SD, seingetku yaaaa mama suka banget masak termasuk bikin kue. Sayangnya sekarang udah gak lagi, mama sekarang sibuk dengan pekerjaannya, lokasi kantor yg jauh pula dan sudah mulai sepuh juga, sehingga tenaganya tidak se-energic dulu. Maka dari itu, mungkin sekarang sudah waktunya aku putri semata wayangnya untuk ambil alih dapur secara perlahan. Anyway biar melekat ilmu perdapurannya kayanya perlu disharing ke mentemen semua melalui blog ini deh! Yuk sama-sama belajar bareng!

Gambar 1: Aneka Loyang

Berikut ini penjelasan mengenai gambar aneka loyang yang merupakan koleksi mamaku dan aku sendiri, yaitu:

[1] Loyang panjang
Loyang ini umumnya digunakan untuk membuat brownies ukuran panjang.

[2] Loyang bertutup
Loyang ini umumnya digunakan untuk membuat roti tawar dengan bentuk seperti kubus.

[3] Loyang pie kecil
Loyang ini untuk membuat jajanan pasar pie rasa buah ataupun rasa susu.

[4] Loyang bulat kecil
Loyang ini umumnya digunakan untuk membuat roti bulat, pizza bulat, bakpao atau donat.

[5] Loyang bulat besar tengah bolong
Loyang ini umumnya digunakan untuk membuat kue bolu yang bentuknya lingkaran dan tengahnya bolong.

[6] Loyang persegi sedang
Loyang ini umumnya digunakan untuk membuat kue ulangtahun yang ukurannya sedang dengan ketebalan kue yang sedang.
  
[7] Loyang panjang premium
Loyang ini bahannya aman untuk dimasukkan ke microwave karena tebal. Loyang ini bisa dimanfaatkan untuk buat roti kasur, pizza panjang ataupun bolu panjang.

[8] Loyang bulat penuh
Loyang ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat kue ulangtahun yang berbentuk lingkaran.

[9] Loyang bongpas bulat premium
Loyang ini memiliki sisi lingkaran yang bisa di lepas pasang. Loyang ini biasanya dimanfaatkan untuk membuat kue jenis cheese cake yang penuh cream.

[10] Loyang persegi besar
Loyang ini umumnya digunakan untuk membuat kue ulangtahun yang ukurannya besar dengan ketebalan kue yang tinggi.

[11] Loyang persegi ceper
Loyang ini umumnya digunakan untuk membakar kue kering dimana ketebalan loyang rendah.

[12] Loyang bulat ceper
Loyang ini umumnya digunakan untuk membakar kue kering dimana ketebalan loyang rendah. Namun bisa juga dimanfaatkan untuk membuat kue ulangtahun dengan ide konsep berlapis-lapis.

[13] Loyang lidah kucing
Loyang ini umumnya digunakan untuk membakar kue kering bernam lidah kucing.

[14] Loyang cup
Loyang ini umumnya digunakan untuk jenis kue bolu kukus cupcake ataupun pizza cupcake.


Setelah ada penjelasan diatas, bagaimana? Sudah tau ingin memasak apa dan perlu jenis loyang apa? Pastikan kamu memilih loyang yang tepat membuat masakan jadi lebih cantik. Ukuran, kualitas, dan bentuk loyang menjadi salah satu penentu dalam membuat kue, roti, maupun cookies yang enak.  Informasi tambahan lagi nih, biasanya setiap jenis loyang sebaiknya minimal punya 2 loyang ya. Alasannya untuk efektif dan efisien waktu. Biasanya setiap bahan 1 rujukan resep yang kamu olah nantinya, belum tentu muat dengan satu loyang saja. Gunakan semaksimal mungking kapasitas oven yang kamu punya. Jadi dalam sekali masak kalo memang bisa dimasukkan 2 loyang sekaligus kan jadi lebih hemat waktu dan cepat selesai. Ok, jadi selamat memasak ya para blogger!

Rabu, 19 Agustus 2015
Posted by Bellalita Itu Aku

Dulu Mahasiswa, Sekarang Sarjana

Tuhan, Terima kasih telah memberikan hamba kesempatan bisa lulus dari kampus Universitas Indonesia ini. Saya yang tadinya MAHASISWA, kini menjadi SARJANA.


Tahun 2010 merupakan langkah awalku belajar di perguruan tinggi ini dengan ilmu baru, teman baru dan lingkungan baru. Saya yang termasuk tidak bisa diam ini pada dasarnya hanya ingin mengenal UI seutuhnya. Ide dan Imajinasi terus mengalir dan akhirnya memilih untuk coba terjun ke UKM-UKM Universitas Indonesia. Contohnya RTC UI FM 2011, HIPMI UI angkatan 1, Fuki Fasilkom, Ristek Fasilkom 2013, Kuliah Kerja Nyata (K2N UI 2012), Dreamdelion Community Empowerment dan Gerakan UI Mengajar angkatan 3. Saya tidak ingin hanya duduk diam di zona Fakultas saja. Mengapa? Jika dahulu sewaktu SMA saya kurang begitu banyak kenal 2K7 baik IPS dan IPA. Kini saatnya tidak mengulangi itu lagi, mengenal teman-teman UI seangkatan 2010 seluruhnya bahkan lintas fakultas dan lintas angkatan sepertinya ada tantangan tersendiri. Mahasiswa UI merupakan kumpulan dari beberapa budaya, karakter, tradisi dan bahasa. Bisa mengenali satu persatu ada warna tersendiri kesenangan tersendiri dan bisa saling belajar satu sama lain dengan perbedaan latar belakang tsb. Yap, karena KITA adalah Bhinekka Tunggal Ika!


Kesibukan UKM ini tidak membuat saya hanyut untuk tidak belajar. Saya sendiri berusaha untuk terus hadir dikelas dan tidak titip absensi ataupun bolos perkuliahan. Walaupun nilai selama beberapa semester di awal tergolong pas-pasan, saya berusaha untuk terus jujur dan tidak mencotek sedikitpun. Masih teringat betul impian saya dipertengahan perkuliahan (semester 4/5) untuk bisa goal nilai IPK diatas 3 ketika lulus, saya terus berdoa kepadaMu. Tujuan hamba sederhana hanya ingin bisa turut mengabdi semisal Indonesia Mengajar (yayasan IM) / Sekolah Guru Indonesia (Yayasan DD) yang mengharuskan nilai diatas IPK 3 tsb. Hamba sadar diri kemampuan yang di miliki masih jauh dari sempurna (tidak bisa cumlaude), namun hal ini bukan jadi alasan hamba untuk bermalasan melainkan berusaha dan kerja keras untuk bisa mencapai impian tsb.

Alhamdulillah Allah SWT, Tuhan Maha Kuasa mengambulkan permintaan sederhanaku. Tepat tanggal 07 Februari 2015 saya Bellalita akhirnya dilantik menjadi SARJANA KOMPUTER dengan nilai SANGAT MEMUASKAN  (IPK > 3). Puji Syukur ku panjatkan kepadaMu dan berharap impianku selanjutnya untuk terjun ke dunia pengabdian bisa terealisasikan setelah memperoleh nilai ini. Ya kembali ke tujuan awal: Gelar Sarjana telah ku genggam, kini saatnya mencari pekerjaan sesuai passion (target: bekerja diluar pulau jawa) dan tentu berusaha terus mengabdi kepada negeri Ibu Pertiwi selagi muda ada tenaga. Beribu-ribu terima kasih ku sampaikan kepada kedua orang tuaku yang selalu mendoakanku dan mendukungku selama ini. Gelar Sarjana ini ku persembahkan juga untuk kedua oranggtuaku yang sangat aku sayangi.





Minggu, 05 April 2015
Posted by Bellalita Itu Aku

Dunia Semu

Untuk apa romantis kata-kata namun penuh rekayasa?
Untuk apa senyum manis tapi karena terpaksa?
Untuk apa berperilaku santun karena standar prosedur?
Akhlak itu bukan sesuatu yang dibuat-buat. Namun perilaku indah yang muncul dari keimanan yang kuat, ilmu yang mantap, juga amal yang ikhlas.
Percaya deh, senyum pake hati dengan yang hambar itu beda!
Bicara dengan tulus dan dibuat itu terasa!
Karena hati hanya kan tersentuh dengan hati juga. Maka, indahkan hatimu, Muliakan akhlakmu!
Selasa, 27 Januari 2015
Posted by Bellalita Itu Aku

Katakan tidak pada ROKOK!

Janganlah menyuruh anak2 kita yang masih SD membeli rokok di warung.

Di luar negeri, di tempat yang bebas-sebebasnya pun, tidak ada orang tua yang bisa menyuruh anak2 mereka membeli rokok--karena ada batas usia minimalnya.

Ini sedih sekali kadang, sudah disuruh beli rokok, disuruh bawa motor pula, anak2 SD.

Ketika kecelakaan atau kenapa-kenapa, maka yang disalahkan pemerintah, orang lain, jalan yg licin, anak2, dsbgnya, sedangkan orang-tuanya cuma nyengir.
*Tere Liye
Kamis, 15 Januari 2015
Posted by Bellalita Itu Aku

Kosmetik Hati

Hari ini aku menemukan sebuah kutipan yang menarik untuk disimpan, makanya ku masukkan ke dalam blog ini.

Jadikanlah wajah tulus dan kebaikan, maka kita tidak perlu membeli bedak seumur hidup untuk membuat wajah cantik.

Jadikanlah bibir tersenyum bahagia, maka kita tidak perlu membeli sepotong lipstik untuk membuat bibir indah.

Jadikanlah mata yang selalu menatap bersahabat, maka kita tidak perlu membeli pewarna atau penebal alis.

Dan kabar baiknya, bahkan saat sudah keriput, tidak tertolong lagi oleh kosmetik fisik, maka kita justeru semakin menawan dengan kosmetik hati.

*Tere Liye
Rabu, 14 Januari 2015
Posted by Bellalita Itu Aku

Mata mata

Bagaimana menurut anda dengan Blogger ini ?

Blog

Internet Sehat

Coba coba berhadiah

a)1st PERBANAS blog competition,judul : Unjuk Gigi Dimasa Global , 2008

b) 3th kontes blog info24jam.com, judul : SABAR Project , 2009

FOLLOW

- Copyright © Sentuhan Keyboard QWERTY -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -