Posted by : Unknown Senin, 24 Januari 2011

Artikel karya Bellalita Rahima ini turut berkontribusi mengikuti KOMPETISI WEB KOMPAS MUDA & AQUA dengan Tema IT's about Us : Air untuk Masa Depan.


Mayor : Bumi

Minor : Air

TOMBAK sebagai Kunci Sukses Penyelamatan Bumi

sesi 1

Kerusakan bumi akibat pencemaran udara dan air, penumpukan sampah, serta kerusakan hutan merupakan permasalahan lingkungan yang haruslah segara mendapat perhatian yang sungguh-sungguh. Untuk itu diperlukan langkah-langkah penanggulangan dengan visi, misi, dan tujuan yang jelas. Langkah-langkah penanggulangnya perlu disusun berdasarkan skala prioritas urutan pelaksanaan.


Menyatukan kepentingan bersama dengan penuh tanggung jawab antar individual dengan tindakan nyata kita kenal dengan istilah "solidaritas". Perbuatan saling berbagi dan saling mengingatkan ialah contoh wujud nyata tindakan solidaritas yang perlu ditanamkan setiap insan manusia.


Pada kasus ini permasalahan yang dihadapi ialah kerusakan lingkungan. Manusia semestinya bersikap memprioritaskan bumi untuk dilindungi dan memiliki solidaritas tinggi antar manusia untuk saling mengingatkan agar senantiasa menjaga bumi. Namun kenyataannya, bumi ini mulai rusak, dan seharusnya kita tidak hanya berdiam diri saja melihat keadaan seperti ini! Kita harus sadar serta ingat untuk memperbaiki diri serta senantiasa berupaya berkampanye menyelamatkan bumi.


Kampanye adalah sebuah tindakan unjuk aksi kepedulian yang bisa berupa slogan maupun bentuk lainnya hanya untuk mencapai sebuah tujuan yaitu meraih banyak dukungan. Udara terasa semakin panas dan cuaca hujan maupun kemarau kian tak menentu. Variasi opini kian marak mewarnai berita “Kerusakan Lingkungan” di seluruh pelosok dunia. Ya, sekaranglah saatnya kita beraksi menyelamatkan bumi! Bermula dari kata “TOMBAK” sebuah inisiatif baru untuk membentuk program kerja penyelamatan bumi terutama air sebagai komponen terpenting dalam kehidupan manusia.


Jika selama ini arti tombak diartikan sebagai senjata untuk berburu dan berperang yang terdiri dari tongkat sebagai pegangan dan mata atau kepala tombak yang tajam. Namun mulai sekarang, Tombak diartikan sebagai sebuah metode baru yang perlu diterapkan semua insan yaitu Telusuri arti dari pencemaran air, Optimalisasi pengunaan air, Menyikapi permasalahan dengan bijaksana, Berkontribusi bersama komunitas yang peduli lingkungan, Aksi ramah lingkungan dan Keputusan ada di tangan kita.


Anda pasti langsung bertanya-tanya dalam benak pikiran mengapa diambil dari kosa kata "TOMBAK" sih? Seperti yang telah diungkapan diatas bahwa tombak adalah senjata untuk berperang. Planet bumi ini diumpakan seperti seorang raja, sedangkan manusia seumpama prajurit yang perlu memiliki senjata tombak yang runcing. Nah dengan adanya perumpaan itu jadi terlihat jelas bahwa Tombak merupakan kunci dan pedoman untuk mengerjakan program penyelamatan bumi abad 21 ini sebagai tips yang telah mencakup semua perihal yang mudah diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dikalangan masyarakat.

Pertama untuk penjabaran "T"elusuri arti dari pencemaran air.


Bumi merupakan planet yang ditinggali manusia yang memiliki dua pertiga bagiannya diselimuti kandungan air. Dari keseluruhan jumlah air yang ada di bumi, 97 persennya merupakan air laut yang tidak bisa dikonsumsi dan hanya ada 3 persen air tawar. Perkiraan para pakar air menerangkan untuk ketersedian air minum hanya 0,62 persen yang aman dikonsumsi. Bayangkan jika dibandingkan dengan jumlah total populasi manusia di Indonesia saja sekira 6,7 miliar. Padahal air merupakan komponen lingkungan yang paling penting bagi kehidupan. Makhluk hidup di muka bumi ini tak dapat terlepas dari kebutuhan akan air. Sesuai yang diketahui bersama, tubuh manusia mayoritas berisi kandungan air kisaran 75%, bagian otak manusia terdapat 74,5% kandungan air, darah manusia terdapat 82% kandungan air bahkan tulang pun yang keras itu juga mengandung 22% kandungan air. Tuhan Yang Maha Kuasa menciptakan air guna menjadikan ekosistem di bumi ini berlangsung seimbang. Air bisa menjadi kawan manusia jika manusia mampu mengolahnya dengan bijaksana. Air juga bisa menjadi lawan yang membahayakan manusia bilamana manusia suka berbuat serakah dan tidak bijaksana sehingga berakibatlah permasalahan pencemaran air saat ini.


Pada dasarnya sumber pencemaran air berasal dari industri, rumah tangga dan pertanian. Dalam praktek operasionalnya, pencemaran lingkungan hidup tidak pernah ditunjukkan secara utuh, melainkan sebagai pencemaraan dari komponen-komponen lingkungan hidup, seperti pencemaran air, pencemaran air laut, pencemaran air tanah dan pencemaran udara. Dengan demikian, definisi pencemaran air mengacu pada definisi lingkungan hidup yang ditetapkan dalam UU tentang lingkungan hidup yaitu UU No. 23/1997. Dalam PP No. 20/1990 tentang Pengendalian Pencemaran Air, pencemaran air didefinisikan sebagai: “pencemaran air adalah masuknya atau dimasukkannya mahluk hidup, zat, energi dan atau komponen lain ke dalam air oleh kegiaan manusia sehingga kualitas air turun sampai ke tingkat tertentu yang menyebabkan air tidak berfungsi lagi sesuai dengan peruntukannya” (Pasal 1, angka 2). Dan dampak pencemaran air pada umumnya dibagi dalam 4 kategori (KLH, 2004) adalah dampak terhadap kehidupan biota air, dampak terhadap kualitas air tanah, dampak terhadap kesehatan dan dampak terhadap estetika lingkungan. Melihat hal ini butuhnya sikap peduli yang tinggi untuk mampu menangani pencemaran air karena efek yang dirasakan membahayakan kesehatan individual.


Ke-dua untuk penjabaran "O"ptimalisasi penggunaan air.


Optimalisasi berasal dari kata dasar optimal yang berarti yang terbaik. Jadi optimalisasi adalah proses pencapaian suatu pekerjaan dengan hasil dan keuntungan yang besar tanpa harus mengurangi mutu dan kualitas dari suatu pekerjaan. Oleh karena itu cobalah optimalisasi kan penggunaan air sebagai berikut:


  1. Memperlancar Sistem Pencernaaan

Mengkonsumsi air dalam jumlah cukup setiap hari akan memperlancar sistem pencernaan sehingga kita akan terhindari dari masalah-masalah pencernaan.


  1. Perawatan Kecantikan

Air putih dapat melindungi kulit dari luar, sekaligus melembabkan dan menyehatkan kulit.


  1. Untuk Kesuburan

Menurut basil penelitian dari sebuah lembaga riset trombosis di London, Inggris, jika seseorang selalu mandi dengan air dingin maka peredaran darahnya lancar dan tubuh terasa lebih segar dan bugar. Mandi dengan air dingin akan meningkatkan produksi sel darah putih dalam tubuh serta meningkatkan kemampuan seseorang terhadap serangan virus.


  1. Menyehatkan Jantung

Saat ini cukup banyak pengobatan altenatif yang memanfaatkan kemanjuran air putih.


  1. Sebagai Obat Stroke
    Air panas tak hanya digunakan untuk mengobati berbagai penyakit kulit, tapi juga efektif untuk mengobati lumpuh, seperti karena stroke. Sebab, air tersebut dapat membantu memperkuat kembali otot-otot dan ligamen serta memperlancar sistem peredaran darah dan sistem pernapasan.
  1. Efek Relaksasi

Cobalah berdiri di bawah shower kamar mandi dan rasakan efeknya di anggota tubuh. Pancuran air yang jatuh ke tubuh terasa seperti pijatan dan mampu menghilangkan rasa capek karena terasa seperti dipijat. Sejumlah pakar pengobatan alternatif mengatakan, bahwa bersentuhan dengan air yang memancur akan memperoleh khasiat ion-ion negatif. Ion-ion negatif yang timbul karena butiran-butiran air yang berbenturan itu bisa meredakan rasa sakit dan menetralkan racun.


  1. Menguruskan Badan

Air putih yang tidak mengandung kalori, gula, ataupun lemak ternyata memiliki sifat menghilangkan kotoran-kotoran dalam tubuh yang akan lebih cepat keluar lewat urine.


  1. Tubuh Lebih Bugar

Air merupakan bagian terbesar dalam komposisi tubuh manusia dan perbanyak minum air putih akan membuat tubuh lebih berenergi.


  1. Penyeimbang tubuh

Tubuh manusia mempunyai mekanisme dalam mempertahankan keseimbangan asupan air yang masuk dan yang dikeluarkan. Rasa haus pada setiap orang merupakan mekanisme normal dalam mempertahankan asupan air dalam tubuh. Air yang dibutuhkan tubuh kira- kira 2-2,5 liter atau 8 sampai 10 gelas per-harinya.


bersambung ke postingan selanjutnya

3 Responses so far.

  1. "Ingatlah setiap tetes air itu sangat bermanfaat untuk kehidupan."

    Air memang termasuk ke dalam Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui, tapi yang jadi pertanyaan adalah, bagaiamana kualitas air di masa depan? Saat ini sudah mulai banyak diberitakan kualitas air yang mulai menurun.

    Mulai melakukan tindakan "TOMBAK" dimulai dari diri sendiri memang penting, tapi sebisa mungkin gerakan ini bisa digerakkan oleh banyak orang dalam satu waktu, EDUKASI masyarakat tentang pentingnya air bagi kehidupan di masa depan sangat penting.

  2. Mufid says:

    ummm... ini blog kan? Akan lebih baik artikel ini dipecah menjadi beberapa post. Kayanya lebih bagus deh kalo buat kompetisi SEO kaya gini CMIIW

  3. Unknown says:

    @shandy : sedang memikirkan apa yg kaka pertanyakan itu. lagi cari inspirasi lagi :)

    @mufid : ok fid. thanks sarannya

Mata mata

Bagaimana menurut anda dengan Blogger ini ?

Blog

Internet Sehat

Coba coba berhadiah

a)1st PERBANAS blog competition,judul : Unjuk Gigi Dimasa Global , 2008

b) 3th kontes blog info24jam.com, judul : SABAR Project , 2009

FOLLOW

- Copyright © Sentuhan Keyboard QWERTY -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -