Posted by : Unknown Kamis, 20 Agustus 2015

Selamat sore Blogger,
Bumbu memiliki peranan penting untuk tersedia di dapur. Makanan yang tadinya berbahan mentah menjadi hidangan matang yang bercita rasa tinggi dengan campuran bumbu tsb. Tanpa racikan bumbu yang tepat, tentu sebuah masakan tidak akan terasa nikmat. Maka dari itu, Yuk mulai  kenali apa saja jenis bumbu yang ada di dapurmu!

Pada dasarnya jenis bumbu dapur ini beraneka ragam, tapi sesi cerita kali ini belchunk akan menjelaskan dua jenis bernama ‘bumbu daun kering’ dan ‘bumbu bubuk bawang’ dulu ya! Silahkan disimak mentemen !


Gambar 1: Bumbu kering daun


[1] Daun Oregano
Saat ini daun oregano kering mudah kita dapatkan di market yang sudah dalam toples ekonomis baik itu produk lokal Indonesia ataupun produk import. Oregano ini memiliki keunikan tersendiri yaitu berbau harum, rasa sedikit pahit, dan  memberikan efek hangat. Oregano terkenal sebagai pelengkap bumbu masakan khas benua Eropa khususnya menu saos pasta.

[2] Daun Thyme
Thyme merupakan salah satu jenis rempah daun asal Mesir yang sangat terkenal. Thyme sebenarnya tergolong dari keluarga mint. Hidangan yang populer memakai thyme adalah ayam panggang yang diperasi buah lemon dan irisan bawang putih. Thyme ini juga banyak dipakai sebagai obat herbal sebagai pelengkap minuman teh.

[3] Daun Basil
Biasanya daun basil ini digunakan untuk penambah rasa saos pasta yang dikombinasikan dengan daun oregano. Kalau tengok beberapa resep eropa, komposisi jumlah penggunaan daun basil ini lebih sedikit dibandingkan daun oregano. Semua dikarenakan cita rasa oregano ternyata lebih unik, lezat dan nikmat daripada basil.

Nah selanjutnya, Belchunk akan menjelaskan tentang bumbu bubuk bawang nih. Yuk disimak blogger!

Bawang merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa selalu dimanfaatkan dalam setiap masakan, bahkan hampir semua penduduk Bumi ini menggunakan Bawang. Berikut penjelasan tentang bumbu bubuk bawang, yaitu:
 Gambar 2: Bumbu Bubuk Bawang

[1] Garlic powder import
Walaupun merk mccormick ini harganya lebih mahal dari yang lokal namun hasilnya sangat memuaskan. Aroma dari bumbu bubuk ini semerbak dan cita rasa yang dihasilkan juga oke. Kalau dilihat dari sisi warna peach, seolah bawang ini mengalami proses ‘roasted’ oleh produsennya.

[2] Garlic powder lokal
Aroma bubuk ini kurang begitu harum seperti merk import. Namun rasa yang dihasilkan bolehlah. Bubuk bawang putih ini umumnya sebagai bumbu penyedap masakan (pengganti MSG).

[3] Onion powder lokal
Onion ini lebih unggul daripada garlic merujuk pada informasi internet terpecaya dimana onion mengandung nutrisi 73mg sodium, 342 calories dan 79g karbohidrat. Bubuk onion ini umumnya juga digunakan sebagai bumbu penyedap masakan (pengganti MSG). Warna bubuk ini mirip seperti Garlic powder import, tapi tekturnya berbeda lebih kasar berbutir krikil gitu.

Setelah ada penjelasan bumbu dapur diatas, ada hal yang perlu diingat bahwasannya tiap bahan makanan memiliki karakteristik yang berbeda. Ini turut memengaruhi cara penyimpanannya agar kualitasnya tetap terjaga dan tidak menghilangkan rasa serta aromatik. Aneka ragam bumbu ini benar-benar perlu diperhatikan medium penyimpanannya  dengan wadah kedap udara, tertutup rapat dan kering. Oke, selamat memasak blogger!

Mata mata

Bagaimana menurut anda dengan Blogger ini ?

Blog

Internet Sehat

Coba coba berhadiah

a)1st PERBANAS blog competition,judul : Unjuk Gigi Dimasa Global , 2008

b) 3th kontes blog info24jam.com, judul : SABAR Project , 2009

FOLLOW

- Copyright © Sentuhan Keyboard QWERTY -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -