Posted by : Unknown Kamis, 31 Desember 2009


Lomba PERTAMINA
Tema : Kerja Keras adalah Energi Kita
Karya : Bellalita R. Samik Ibrahim


Jika kamu berlari lama-kelamaan tubuhmu menjadi lelah karena kehabisan energi. Untuk dapat berlari dengan cepat lagi memerlukan stamina yang baik. Sama dengan halnya mobil-mobilan yang memakai baterai baru (energi masih penuh) akan melakukan usaha yang lebih besar (jarak tempuh lebih jauh dalam waktu yang sama) daripada mobil-mobilan yang memakai baterai bekas. Tentu kalian akan sadari bahwa memang benar melakukan usaha yang lebih besar itu membutuhkan ketekunan dan keuletan yang sungguh-sungguh hingga mencapai tujuan atau prestasi, dengan kata lain disebut kerja keras. Kerja keras itu merupakan energi kita untuk meraih kesuksesan.


Sekedar menyengarkan ingatan, belum lama ini kita ketahui bersama bahwasannya Pertamina memiliki proyek besar yang digarap oleh Landor, perusahaan pembuat logo asal San Francisco. Hasilnya yaitu simbol perusahaan berupa dua kuda laut yang mengapit bintang diganti dengan tiga jajaran genjang berwarna merah, biru, hijau, dan tulisan Pertamina. Bentuk panah itu diartikan sebagai Pertamina yang bergerak maju dan progresif. Lalu warna biru berarti andal, dapat dipercaya, dan bertanggung jawab, untuk warna hijau mencerminkan sumber daya energi berwawasan lingkungan sedangkan merah berarti keuletan dan ketegasan, serta keberanian dalam menghadapi berbagai kesulitan. Dengan meluncurkan logo baru ini, sekaligus juga meluncurkan slogan barunya yaitu kerja keras adalah energi kita sebagai program gebrakan baru yang inovatif pada Pertamina agar kedepannya dapat lebih terbuka lagi kepada masyarakat nusantara khususnya.


SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar untuk Umum) merupakan prasarana umum yang disediakan oleh PT. Pertamina untuk masyarakat luas guna memenuhi kebutuhan bahan bakar. Pada umumnya SPBU menjual bahan bakar sejenis premium, solar, pertamax dan pertamax plus. Saat ini, Pertamina sedang gencarnya menjalankan program barunya untuk memberlakukan di semua SPBU yaitu sertifikasi PASTI PAS! Dengan harapan, pelayanan SPBU Pertamina meningkat dan memenuhi standard kelas dunia secara kualitas dan kuantitas BBM yang terjamin, pelayanan yang ramah, serta fasilitas nyaman.


Yang jadi pertanyaan, akankah program PASTI PAS serta perubahan baru lainnya yang diluncurkan Pertamina ini mampu meningkatkan kepercayaan konsumen khususnya kaula muda?


Berikut adalah perbincangan pemilik blog Belchunk dengan teman-teman sebaya SMA-nya

seputar Pertamina dalam 2 (dua) sesi :


SESI I

Inilah pembukanya,selamat membaca!


Halo kaula muda!
Mengingat selama ini komunitas remaja kadang teracuhkan dalam menyuarakan aspirasinya.
Padahal memiliki sifat kritis dan kreatif dalam berpikir serta cepat mengadopsi sebuah perubahan.
Kali ini, saya pemilik blog Belchunk ingin membahas seputar SPBU dalam rangka HUT PERTAMINA. Berikut adalah pertanyaan wawancaranya :

1. Masih ingat dengan lambang PERTAMINA yang dulu sebelum logo 3 warna sekarang?
Renny : masih

Miftah : ingat

Rosi : Masih. tapi lupa detail2nya. yang gambar kuda laut ama globe itu kan!
Icad : masih inget ko

Dea : ya

Gisca : tidak tahu



2. Menurutmu, mengapa PERTAMINA mengubah logonya menjadi yang seperti sekarang?
Renny : untuk membuat suatu inovasi yg baru
Miftah : bosen atau ngga biar mudah di ingat orang banyak

Rosi : tentu aja agar lebih "ngetrend" di mata masyarakat. di dunia desain, logo yang lagi ngetren sekarang itu simpel tapi sarat makna. bukan cuma pertamina, banyak perusahaan lain yang mengganti logonya menjadi lebih simpel dari trend logo lama yang ribet dan ga jauh2 dari globe ato padi kapas

Icad : untuk kemajuan produksi dimasa mendatang

Dea : untuk menandakan bahwa Pertamina telah mengadakan program baru yg bernama Pasti Pas

Gisca : merubah penampilan menjadi lebih baru mungkin



3. Apa menurut kamu sebuah logo perusahaan seperti PERTAMINA ini berpangaruh banyak dalam meningkatkan produksi dan konsumsi?
Renny : tidak juga
Miftah : berpengaruh

Rosi : paling tidak, masyarakat bisa mendapat kesan pertamina nya lebih "fresh"

Icad : berpengaruh, karena bagaimanapun juga konsumen pasti melihat logo suatu yg akan dikonsumsi nya

Dea : tidak tahu

Gisca : tidak



4. Kendaraan apa yang sering kamu gunakan ke sekolah atau bepergian lainnya?
Renny : motor
Miftah : motor

Rosi : motor

Icad : motor

Dea : mobil

Gisca : mobil



5. Seberapa sering kamu mengisi bensin di SPBU?
Renny : kadang-kadang
Miftah : setiap bensin mau abis

Rosi : seminggu 2-3 kali

Icad : 3 hari sekali, kadang ga tentu, tergntung penggunaan

Dea : kurang lebih 3 hari sekali

Gisca : ngga terlalu sering



6. Apa kamu mengerti dengan gebrakan PERTAMINA yang baru tentang PASTI PAS ? Tujuannya?
Renny : untuk membuat suatu kepercayaan bahwa pelayanan yg baik dan memuaskan
Miftah : ngerti.agar konsumen puas dengan takaran yang pas

Rosi : gerakan ini disebabkan mancuatnya laporan investigasi tentang kecurangan petugas SPBU ketika mengisi bensin. agar masyarakat bisa percaya lagi ama pertamina.

Icad : secara garis besar pasti untuk pelayanan yg lebih baik lagi

Dea : SPBU yang mendapat sertifikat Pasti Pas berarti sudah mempunyai pelayanan dan kualitas yg baik. tujuannya agar hasil kerja pekerja di SPBU lebih optimal

Gisca : ya mungkin tujuannya agar masyarakat lebih percaya kepada pihak pertamina



7. Apa harapan kamu dengan adanya gebrakan PASTI PAS PERTAMINA ini?
Renny : menjadi suatu gebrakan baru dalam sistem yg baru dan meningkatkan mutu kualitas
Miftah : kalo bisa semua spbu di pasti pas in

Rosi : yaa biar oknum2 tertentu ga curang lagi.

Icad : konsmen dapat lebih dilayani dengan baik lagi

Dea : program Pertamina meningkat ke arah yg lebih baik

Gisca : semoga slogan PASTI PAS sesuai dengan yang dijalankan



8. Apa SPBU dekat rumahmu sudah PASTI PAS semua?
Renny : tidak
Miftah : ada yang sudah dan ada juga yang belum

Rosi : Ada yang belom

Icad : rasanya sudah semua

Dea : ya

Gisca : mungkin ya



9. Masihkan kamu menemukan SPBU yang belum PASTI PAS? Di mana?
Renny : di daerah organon
Miftah : masih di pamulang

Rosi : di daerah petukangan (bates DKI-Banten)

Icad : masih, disekitar tebet kalo ga salah

Dea : tidak

Gisca : tidak



10. Apa kamu tahu sistem penilaian SPBU yang mendapat predikat PASTI PAS ini?
Renny : iya
Miftah : tau

Rosi : pastinya survey. tapi gatau apa yang disurvey *hehe

Icad : kurang tahu. yg jelas pelayanan nya berbeda

Dea : tidak

Gisca : tidak



11. Apa kamu merasa banyak perubahan dengan adanya PASTI PAS PERTAMINA ini?Jika iya, apa saja perubahan yang dirasakan? Jika tidak, apa alasannya?
Renny : iya. perubahan ini menjadikan mutu pelayanan yg baik dan mengurangi tingkat kecurangan dalam pengisian bahan bakar
Miftah : iya.takaran bensin jadi lebih pas

Rosi : ngga terlalu, karena sebelumnya ga pernah ngerasa dicurangin. paling ngga jadi lebih tenang karena terjamin ga dicurangin

Icad : ya sektor pelayanan paling berbeda. namun tidak terlalu mantap

Dea : tidak. pelayanannya masih kurang baik

Gisca : tidak karena dalam menjalankannya seperti biasa saja



12. Dari segi pelayanannya, apa kelebihan dan kekurangan dari SPBU PERTAMINA dari SPBU merk luar negeri lainnya? Alasannya?
Renny : kelebihannya adalah harga yg dapat dijangkau oleh masyarakat ;kekurangan : kualitas dari bahan bakarnya
Miftah : sama saja.tapi pegawai spbu pertamina kurang sigap

Rosi : dari segi pelayanan sepertinya tidak jauh berbeda. kalau ada yang berbeda. itu dari segi fasilitasnya.

Icad : pelayanan nya aja lebih ditingkatkan. merk luar negri bukan pilihan pertama konsumen

Dea : kekurangannya masih kurang peduli dan ramah terhadap pelanggan

Gisca : kekurangannya para pegawai masih sering lalai dalam menjalankan tugas, kelebihannya sekarang sudah ada slogan PASTI PAS



13. Apa solusi kamu sebagai kaula muda agar produk dalam negeri Indonesia ini tidak kalah saing dengan produk luar?
Renny : meningkatkan mutu dan kualitas agar dihargai oleh produk luar
Miftah : kualitas bbm nya di perbaiki.

Rosi : kalo ditelusuri, sebenernya yang harus dibenahi itu justru SDM nya.

Icad : tingkatkan kualitas nya. pasti berhasil

Dea : sebaiknya harga yang ditetapkan tidak terlalu tinggi karena konsumen selalu mencari harga yg lebih murah

Gisca : dalam pelayanan kepada masyarakat harus lebih ditingkatkan. dan membuat slogan pembeli adalah raja jadi tidak pandang bulu



14. Apa kamu tau apa saja aktivitas yang dilarang yang ga boleh dilakukan di SPBU? Sebutkan dan jelaskan!


Renny : merokok : dapat menyebabkan kebakaran
menyalakan handphone : sinyalnya dapat mengganggu ketika pengisian sedang berlangsung menyalakan mesin kendaraan ketika dalam pengisian


Miftah : merokok karena bisa menyebabkan ledakan
-menelpon karena sinyal handphone dan sinyal spbu berbeda dan kalau bergesekan dapat menyebabkan ledakan
-menghidupkan mesin saat mengisi bensin
-jangan menyalakan atau berfoto-foto menggunakan camera/handphone yang mempunyai blitz karena dapat menghasilkan ledakan yang sama dengan rokok
-tidak boleh ngutang karena orangnya bisa kabur


Rosi : -menyalakan mesin. coz sayang2 bensinnya. dan bisa juga terjadi ledakan kalo pembakarannya merambat ke tangki spbu
-menelepon. (katanya) radiasinya bisa meledakkan spbu
-merokok. kalau apinya kena tangki spbu bahaya!!


Icad : nyalain hape sama rokok. karena sangat berbahaya bel haha oke oke

Dea : ya. menyalakan mesin pada saat mengisi bensin, merokok di areal SPBU

Gisca : menghidupkan mesin mobil, menghidupkan telpon, dan bertelpon di spbu karena bisa menimbulkan kebakaran



15. apa kamu pernah liat aktivitas larangan itu dilanggar? Dimana?
Renny : tidak

Rosi : heemm. pernah sih. tapi lupa...

Icad : sering ko di spbu nya

Dea : sering. hampir di setiap pom bensin

Gisca : ya, masih ada di spbu di fatmawati atau dimana saja yang tetap menyalakan bahkan bertelponan di spbu



16. Jika larangan itu menyebabkan kebakaran , apa kamu lakukan kalo ada yang melanggar?


Renny : memeringatkan agar tidak melakukan hal tersebut karena dapat membahayakan dirinya dan orang disekitarnya

Rosi : ga bisa ngapa-ngapain sih. Hehehe.

Icad : ga terlalu peduli. dia aja ga peduli kan. susah org indonesia mah hehe

Dea : melapor kepada petugas

Gisca : menegurnya



17. pernah melihat tragedi kebakaran akibat dampak dari larangan SPBU yang dilanggar itu?
Renny : tidak pernah

Rosi : belom pernah

Icad : sampai sekarang belom. jgn sampe ya amin

Dea : belum

Gisca : tidak


Sebagai pelangkap bukti

inilah hasil printscreen percakapan yang dilakukan di dunia maya


Belchunk - Miftah



Belchunk-Dea



Belchunk-Renny



Belchunk - Gisca


Belchunk-Icad 1


Belchunk - Icad 2



Belchunk-Rosi I


Belchunk - Rosi 2



SESI II


Pertanyaannya sebagai berikut :


1. Kendaraan apa yang sering kamu gunakan ke sekolah atau bepergian lainnya?

Septa : Sepeda motor pastinyaaa.....life for ride hehe

Ade : Motor

Lidya : motor, mobil atau kendaraan umum. paling sering kendaraan umum.

Ratu : mobil pribadi


2. Seberapa sering kamu mengisi bensin di SPBU?

Septa : Sehari bisa 2x paling banyak....

Ade : 3 hari sekali

Lidya : lumayan sering. kalo motor paling 2hari sekali. mobil tergantung lama dipakenya.

Ratu : sehari dua kali (pagi-sore)



3. Apa kamu merasa banyak perubahan dengan adanya PASTI PAS PERTAMINA ini? Jika iya, apa saja perubahan yang dirasakan? Jika tidak, apa alasannya?

Septa : Merasakan bgd....gue jadi merasa comfort aj dalam ngisi bensin krna terjamin bgd kualitasnya mksdnya takarannya PAS hehehe... tempatnya juga bagus jadi enak liatnyaa hehehe

Ade : tidak percaya dengan spbu yang tidak ada tulisan pasti pas nya

Pei : kalau menurut saya ada perubahan dengan adanya PASTI PAS alasannya menjadi lebih pasti dalam mengisi bahan bakar

Lidya : ada. pelayanannya jadi lebih ramah, trus petugasnya jadi lebih hati2 kalo ngisi. kalo soal ketepatan takaran bensinnya sendiri, aku kurang tau deh.

Ratu : Ya, mengurangi angka kecurangan SPBU dengan alat yg dapat mengurangi liter pada bensin



4. Adanya gebrakan PERTAMINA PASTI PAS, apakah merasa pelayanan ke konsumsi berupa takaran bensin dan uang kembaliannya sudah pasti pas juga? Mungkin dari segi kembalian recehannya?

Septa : PAS
Ade : kadang pembulatan keatasnya diatas 200

Pei : menurut saya sudah pasti juga karena, untuk mendapatkan sertifikat pasti pas tidak mudah, mesti ada pemantauan dari pihak pasti pas kepada pom bensin yang ingin mendapatkan pasti pas.


Lidya : soal takaran, aku ga begitu merhatiin, kalo soal kembalian receh, SPBU yng biasa aku isi disiplin ko. kembaliannya ga pernah dikurangin.

Ratu : ya, cukup pas lah hehe



5. Apa harapan kamu dengan adanya gebrakan PASTI PAS PERTAMINA ini?

Septa : Paling ya fasilitasnya aja ditmbh....kan masih raada kalah ma pom bensin merk lain soal apa tuh namanya oyaa struk pembyrannya harus ada walaupun formalitas aj tapi itu penting..

Ade : Semakin bagus

Pei : semoga indonesia bisa lebih maju dengan adanya gerakan pasti pas

Lidya : yaaa...ga muluk2. yang penting emang bener2 dijalankan dengan baik aja gerakan ini. jangan ujung2nya nilep duit lagi. hehehe.

Ratu : siapa tau bisa ada subsidi lagi buat premium haha canda. bisa menekan angka kecurangan literan bensin aja hehe.


Belchunk-Lidya


Belchunk-Septa



Belchunk-Ratu


Belchunk - Firman


Belchunk-Ade


Belchunk-Pei


Dari hasil diskusi diatas, begitu bervariasi pendapat para remaja khususnya anak SMA ketika membahas seputar Pertamina. Walaupun masih SMA, tapi ingat mereka adalah salah satu pelanggan setia Pertamina yang sering mengisi tangki kendaraannya untuk beraktivitas sekolah. Secara garis besar, mereka semua mengerti akan tujuan gebrakan Pasti Pas Pertamina untuk menjadi lebih baik. Namun, beberapa dari mereka belum begitu merasa perubahan yang besar dengan pelayanannya. Adanya SPBU yang belum tersertifikat PASTI PAS seperti di daerah Organon, Pamulang, Petukangan (bates DKI-Banten) atau Tebet merupakan salah satu faktor mereka belum begitu melihat banyak perubahan dari Pertamina. Harapan mereka rupanya besar terhadap produk dalam negeri sperti Pertamina ini. Karena setelah ditinjau, yang mereka inginkan hanyalah pelayanan Pertamina yang lebih ditingkatkan agar sesuai dengan slogannya yaitu Kerja Keras adalah Energi Kita, serta kualitas dan kuantitas ditingkakatkan hingga mencapai mutu yang semakin baik dan tidak kalah saing dengan produk luar lainnya.



Selain itu, adanya sistem PASTI PAS ini menimbulkan kepercayaan dan kenyamanan pembeli untuk tidak merasa tercurangi lagi dalam takaran bensinnya. Namun salah satu dari mereka merasa adanya yang masih belum PASTI PAS ketika transaksi uang kembalian koin. Satu ataupun dua butir koin itu tetaplah dikatakan uang hak pembeli. Solusi dalam hal ini adalah penekanan kembalian uang koin yang harus di PASTI PAS kan juga, agar tidak ada yang merasa dirugikan.

One Response so far.

  1. (Info Langka),,,

    Sambil Facebook-an dapet DUIT??? SIAPA YANG
    GA MAU???
    INILAH CARA TERCEPAT, TERBAIK, DAN
    TERPERCAYA MENGHASILKAN UANG DI FACEBOOK. DALAM WAKTU SINGKAT DAN
    PASTI!!! dengan modal yang SANGAT,,SANGAT,,TERJANGKAU...
    Silahkan dilihat disini,,Semoga bermanfaat dan
    SUKSES UNTUK KITA SEMUA
    Mau? Info Lengkap buka & klik disini aja kawan

Mata mata

Bagaimana menurut anda dengan Blogger ini ?

Blog

Internet Sehat

Coba coba berhadiah

a)1st PERBANAS blog competition,judul : Unjuk Gigi Dimasa Global , 2008

b) 3th kontes blog info24jam.com, judul : SABAR Project , 2009

FOLLOW

- Copyright © Sentuhan Keyboard QWERTY -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -