Posted by : Unknown Rabu, 26 Agustus 2015

Kamu tahu Coklat? Waaahhh...mendengar namanya saja sudah terbayang  nikmat. Coklat adalah adalah sebutan untuk hasil olahan makanan atau minuman dari biji kakao. Coklat ini memiliki beragam variasi mulai dari bentuk padat maupun cair. Nah.... biar gak salah pilih coklat untuk membuat aneka cake, kue kering, dan roti.  Kali ini belchunk akan mengenalkan beberapa jenis coklat yang beberapa diantaranya mungkin sering kita temui dalam keseharian kita. Yuk disimak blogger!




[1] Coklat kacang batang
Cokelat ini memiliki rasa yang manis di lidah dan dapat dikonsumsi langsung loh. Jenis ini biasanya dimanfaatkan dengan cara dilelehkan agar bisa dicampurkan adonan kue. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat kacang batang ini adalah silver quee atau cadburry.


[2] Coklat butir
Coklat ini berbentuk butiran kecil yang memiliki rasa manis. Biasanya dikonsumsi bersama roti tawar. Tapi bisa juga dimanfaatkan sebagai taburan permukaan kue. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat butiran  ini adalah meises ceres atau coklat bella.


[3] Coklat DCC
Salah satu jenis dari coklat blok yaitu Dark Cooking Chocolate (DCC). Rasa coklat ini cenderung rada pahit. Coklat ini bisanya dimanfaatkan sebagai taburan permukaan kue dimana coklatnya sudah diparut sebelumnya atau bisa juga dilelehkan lalu dicetak kembali dengan bentuk unik (misal bentuk pagar sehingga kue akan tampil cantik disekelilingnya). Kadang coklat ini juga merupakan bahan dasar pembuatan brownies yang kadar kepekatan coklatnya tinggi sehingga cita rasanya juga lezat. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat DCC ini adalah Collata, Tulip atau Mercolade.

[4] Coklat bulat
Coklat ini berbentuk seperti kelereng yang memiliki rasa manis. Coklat ini biasanya dimanfaatkan sebagai taburan permukaan kue karena memiliki warna-warna cerah yang mempercantik tampilan kue yang disajikan.


[5] Coklat topping
Coklat ini berbentuk cairan yang memiliki rasa manis. Umumnya jenis ini dimanfaatkan sebagai bahan tambahan makanan dimana coklat ini disiram diatas suatu masakan/makanan/minuman.

[6] Coklat bubuk
Jenis coklat yang memiliki aroma yang kuat. Umumnya digunakan untuk diminum bersama susu serta ditambahkan gula. Banyak juga yang menggunakan coklat bubuk jenis ini sebagai bahan campuran untuk membuat kue. Coklat ini bisa menjadi bahan dasar pembuatan brownies, pengganti coklat DCC. Namun kalau dari rasa, tetap saja coklat DCC lebih unggul daripada bubuk menurut saya pribadi.  Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat bubuk ini adalah Coklat bensdrop, coklat ovaltine, coklat delfi atau coklat van houten.

[7a] Cokelat Susu Kental
Salah satu jenis susu terbuat dari susu sapi perah yang bergizi ditambah gula murni yang memiliki rasa coklat. Umumnya digunakan untuk diminum dengan cara diseduh, dioles pada roti atau bisa juga sebagai bahan dasar membuat fla puding.  Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat susu kental ini adalah Frisian flag atau Indomilk.

[7b] Coklat stik
Jenis coklat yang memiliki keistimewaan tidak mudah leleh pada saat dipanngung atau nama bekennya ‘bake stable’. Coklat ini biasanya dimanfaatkan untuk isian roti atau kue, karena tidak mencair meleber. Rasa coklat ini manis pahit. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat stik ini adalah Mercolade.
[8] Coklat oles
Jenis coklat yang berbentuk tidak cair dan tidak begitu keras padat. Umumnya dikonsumsi bersama roti tawar atau bisa juga dimanfaatkan sebagai olesan permukaan kue secara rata. Merk-merk yang biasa tersedia di toko bahan-bahan kue tentang coklat oles ini adalah nutella, ovomaltine ataupun ceres oles.

  

[9] Coklat chocochips
Jenis coklat yang berbentuk setengah bulatan yang cukup manis. Umumnya dikonsumsi bersama minuman dingin atau bisa juga buat taburan permukaan kue secara rata.

[10] Coklat Butir Kriuk
Coklat ini berbentuk butiran kecil seperti mutiara dan memiliki kerenyahan kriuk. Jenis coklat ini biasa dimanfaatkan taburan permukaan kue secara rata.

Setelah ada penjelasan diatas, bagaimana? Sudah tau jenis coklat apa yang cocok untuk masakan dapurmu? Kalau belum, silahkan cari ke Toko Bahan Kue (TBK) terdekat dari rumahmu. Selamat memasak ya para blogger!

Mata mata

Bagaimana menurut anda dengan Blogger ini ?

Blog

Internet Sehat

Coba coba berhadiah

a)1st PERBANAS blog competition,judul : Unjuk Gigi Dimasa Global , 2008

b) 3th kontes blog info24jam.com, judul : SABAR Project , 2009

FOLLOW

- Copyright © Sentuhan Keyboard QWERTY -Metrominimalist- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -